Daffodil Flat Design

Terinspirasi dari filmnya Raditya Dika, yaitu Single. hari ini saya mencoba untuk mendesain bunga dafodil dengan style flat.  filmnya memang sudah lama rilis namun saya masih ingat sekali scene ketika Ebi menanyakan bunga favorit kepada Angel.

Pada scene itu, Angel menyebutkan dafodil sebagai bunga favoritnya sekaligus menyebutkan maknanya, yaitu awal yang baru . makna ini pun saya ikut sertakan dalam desain saya agar orang-orang dapat mengetahui secara gamblang pesan yang ingin saya sampaikan.

Advertisements

Bolehkah Tamak ? (Absurd Thinking?)

Hari ini telah banyak orang putus karirnya karena ketamakannya. hari ini banyak orang rusak namanya karena ketamakannya.

Nah, Tau orang korupsi ?? yang biasa disebutkan dengan nama korupt*r itu. ya, tamaklah yang menjadi biang dari korupsi itu sendiri. tamak menjadi momok yang sangat berbahaya sehingga dapat membuat orang-orang lupa dengan haknya orang lain. tetapi, seburuk itukah tamak ? saya rasa tidak.

Tamak itu bersifat netral, bisa baik bisa buruk. tamak memang manjadi suatu hal yang berbahaya jika itu out of control dari diri kita. seperti contohnya korupsi tadi, pengen ini itu malah ngambil ini itu, ya jadinya gitu. karena itulah seharusnya kita take control bukan malah out of control.

Jadi, gimana sih tamak yang baik itu ? tamak yang baik itu seperti belajar, tamak akan ilmu, kalau udah baca satu topik jangan stop pada satu topik itu saja atau kalau udah baca satu bidang ilmu bukan berarti bidang ilmu lain tidak dipelajari. karena ilmu pengetahuan itu luas dan terintegritas, maka tamaklah.

Contohnya begini, ada orang yang kuliah di MIPA tapi enggan belajar ekonomi atau politik atau lainya. sungguh ini adalah suatu kasus yang tolol tak tertolong. kenapa? karena orang ini nnti akan kesulitan berekonomi maupun berpolitik.

Lah, akukan bukan orang politik ngapain belajar politik !? sungguh goblok jika ada orang yang berkata seperti itu. semoga saja orang-orang seperti mendapat pencerahan oleh Allah yang maha kuasa agar diberikan pengetahuan soal ilmu pengetahuan.

Disini saya bukan mengajak untuk menjadi ahli pada semua bidang ilmu pengetahuan. namun, disini saya mengajak untuk menjadi manusia yang tau berbagai ilmu pengetahuan.

Contoh lainnya seperti ingin menjadi orang yang kaya raya. mencari uang itu boleh-boleh saja kok tamak, tapi bukan berarti korupsi juga dihalalkan begitu saja atau memonopoli hampir semua pasar yang ada. tamak itu baik, tapi sekali lagi saya ingatkan untuk take control. jangan sampai tamak lebih mendahului akal sehat kita. sehingga lupa akan sekitar.

On fire

Akhir-akhir ini mood saya menulis sedang naik-naiknya. kemungkinan saya akan menghidupkan blog ini “kembali”. menarik bagi saya menceritakan pengalaman saya nnti ataupun hanya sekedar curhat di blog ini.

Sejak kecil saya mencintai hal-hal berbau komputer dan art. sejak kecil pula saya telah dikenalkan dengan komputer oleh ayah saya dan mengambar adalah hobi saya. saya juga sama seperti anak-anak lain yang keluyuran di gang-gang sekitar rumah. bermain bersama memang menyenangkan tapi kala itu di rumah menggambar dan bermain komputer jauh lebih menyenangkan lagi.

Menulis yang saya sukai sepertinya akan menjadi langkah awal yang baik untuk blog ini. saya jadi kepikiran untuk menambahkan menu tech atau desain di blog ini agar tidak tercampur baur dengan curhatan receh saya nnti di halaman home.

Tapi..

Mood menulis di blog ini kadang baik kadang buruk. Alangkah baiknya saya harus tulis hal ini di mading saya agar terus konsisten kedepannya hehe. oke, besok bakalan nulis lagi !!

Personal Package Archive pada Elementary OS

Mendengar kata ppa, tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna sistem operasi GNU/Linux. PPA (Personal Package Archive) adalah repositori yang dibuat oleh pihak ketiga untuk menambah package-package diluar repositori resminya.

Defaultnya, elementary os tidak dapat menambahkan PPA agar keamanan sistem operasi terjaga dari aplikasi pihak ketiga.

Nah, untuk menambahkannya tidak terlalu susah hanya mengetikkan perintah pada terminal seperti berikut :

sudo apt-get install software-properties-common

Setelah itu kita dapat menambahkan PPA dengan perintah

sudo apt-add-repository ppa:/nama-pengembang/nama-ppa

Untuk menajemen PPA secara GUI dapat dengan aplikasi Y Ppa Manager. aplikasi ini salah satu aplikasi yang memudahkan kita untuk menajemen ppa dengan tampilan GUI. dengan aplikasi ini kita dapat menambah, menghapus (remove & purge), update, dan masih banyak lagi.

Berikut perintah instalasinya :

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/y-ppa-manager
sudo apt-get update
sudo apt-get install y-ppa-manager

Selamat mencoba 🙂

Gelisah, Buruk atau Baik ?

Saat pertama mendengar kata gelisah, apa yang terlintas dipikiran kita ? negatif atau positif kah ? saya rasa hampir kebanyakan orang akan berpikir negatif.

Kesan negatif emang sering dikaitkan pada kata gelisah, karena gelisah mengambar kondisi perasaan yang buruk. seperti gelisah tidak ada uang, gelisah tugas tak kunjung selesai, dan masih banyak lagi. Sebelum membahas soal gelisah, akhir-akhir ini saya sering menonton bukatalks melalui youtube. Pada acara tsb banyak sekali yang dibahas, mulai dari teknologi hingga motivasi. Dari acara inilah yang membuat saya ingin membahas soal gelisah pada blog ini.

Dari beberapa pembicara yang saya nonton, ada satu ucapan yang membuat saya terpikir bahwa “ia ya, bener banget” dan secara tidak langsung juga membuat saya intropeksi diri. Ucapan itu diucapkan oleh Rudy Soedjarwo. ia bilang “kenapa banyak orang-orang yang kreatif, mau dibidang musik atau film, tiba-tiba stop bikin sesuatu. karena gelisahannya sudah hilang”.

Setelah mendengar kalimat tersebut, kata gelisah menjadi sangat berarti untuk dipertanyakan setiap kali saya ingin berkarya. Semester ini blum ada karya satupun yang saya selesaikan. Apakah saya kurang gelisah ? saya rasa iya, hehe.

Jika kita melihat cerita dimasa lampau ketika nabi Ibrahmin mencari sosok tuhan. Kegelisahanlah yang membuatnya bergerak untuk mencari. begitu juga dengan para filsuf romawi, diawali dengan mempertanyakan suatu hal dan memerasakan kegelisahan. gelisah karena ingin mengetahui hal-hal baru. Teknologi yang saat ini kita rasakan hadir dari tangan-tangan orang yang gelisah untuk membuat suatu karya yang baru.

Saya rasa akan berbeda ketika kita mengerjakan sesuatu hal dikarenakan ada gelisahan dengan tidak ada kegelisahan didalam hati kita. Gelisah itu bisa satu paket dengan semangat, cinta, dan rasa penasaran yang tinggi. kenapa sepaket dengan cinta, karena jika tidak cinta pasti tidak akan gelisahkaan.

So, apa kegelisahanmu ?

Ayo tuangkan kegelisahan itu menjadi karya 🙂

Mengatasi BIOS Chip Asus Nseries yang Rusak

Hari libur yang hampir usai, walau sebenarnya tidak ada sama sekali hari libur untuk mempelajari hal baru, life for learn and learn for dead. baru- baru ini banyak sekali masalah terjadi yang mengharuskan saya untuk merogoh kocek lebih dalam lagi. Salah satunya ialah masalah laptop saya mengalami kerusakan pada BIOS chipnya. Laptop keluaran tahun 2012 dengan tebal dan berat yang tentunya menandakan betapa kunonya laptop saya haha, hal inilah yang mempersulit saya dalam melakukan perbaikan dikarenakan komponen yang tersedia di pasaran sangat minim untuk laptop keluaran lawas. Laptop saya asus N46VZ, jenis laptop ini memang banyak mengalami masalah BIOS chip yang rusak.

Berikut gejala BIOS chip laptop saya yang rusak :

  1. Setelah proses perubahan pengaturan di bios laptop blank dan tidak ada beep yang keluar sedikitpun
  2. Mencoba untuk melepas RAM pada laptop dan masih belum keluar beep sama sekali
  3. Mencoba Reset CMOS dan hasil masih belum berubah

Berikut Solusi yang dapat dilakukan :

  1. Ganti BIOS chip dengan yang lebih baru atau mencari komponen kanibal dari motherboard lain
  2. Kemudian flash BIOS yang telah diganti

Bagi teman-teman yang memiliki laptop asus dengan seri NXX untuk berhati-hati dalam melakukan pengaturan BIOS. Karena, laptop saya rusak saat saya hanya mengubah boot pada laptop ke flashdisk. Btw, Sebab nya sepele banget yak :’)

Pemuda yang baik hati

Sudah sekian lama aku tidak menulis di blog ini, banyak cerita yang ingin aku tuangkan di dalam tulisan. kali ini aku berkesempatan untuk duduk santai sambil menuliskan cerita ini. sebenarnya ini cerita beberapa minggu yang lalu. saat itu malam minggu (jika aku tidak salah). malam yang semua orang ingin keluar untuk melihat sekeliling kota ataupun bersantai di sebuah kafe, terutama anak muda.

Saat itu adalah malam yang melelahkan bagiku, aku keluar hanya sekedar untuk makan dan mengambil uang. tepat di salah satu pusat perbelanjaan di kotaku, tempatku untuk mengambil uang jajanku. saat aku ingin bergegas pergi pulang, tiba-tiba mataku tertuju pada seorang pemuda dan seorang nenek tua bungkuk yang sedang membawa barang bawaannya. nenek itu berpenampilan kumuh dan kusam, berbeda dgn pemuda itu, tampil secara trendi. lantas, ku simpulkan bahwa pemuda itu bukan anak atau cucu nenek itu. jadi siapa dia ? aku tidak tau.

Pertama aku melihatnya, pemuda itu telah membawa barang nenek tsb. nenek itu sudah terlalu tua untuk keluar menyusuri jalanan kota. bahkan jalannya pun sangat lambat. menyeberang jalan pun sangat susah. pemuda itulah yang menggandengnya untuk menyebrang jalan yang penuh sesak. entah mengapa di sana aku hanya bisa terdiam melihat kebaikan hati pemuda itu, yang menolong sesama, yang tidak pernah memilih untuk menolong. perlahan nenek dan pemuda itu hampir sampai pada tepi jalan lainnya. sebelum mereka sampai aku langsung bergegas pergi. aku bertuhan, dan aku hanya bisa meminta tuhanku untuk menjaga mereka berdua.