Tinggal beberapa hari lagi bakal pergi ke perantauku, masuk kembali ke perkuliahan yang nan menantangan diri untuk mencari ilmu pengatahuan yang luas, sebentar lagi KRS ( Kartu Rencana Studi ) bakal diisi, jadwal2 akan mulai bermunculan, ntah itu jadwal yang bersahabat maupun tidak. aku sekarang sedang menuju semester dua yang dipenuhi dengan keabu-abuan, seperti kapal laut yang sedang berlayar menuju pulau dengan berlayar di lautan yang dipenuhi kabut, terus berlayar sedikit demi sedikit dengan kompas yang menunjukkan arah layaknya prinsip, ideologi, dan pedoman. terus berlayar, tidak tau apa yang di depan, apa yang menghadang, semua penuh dengan ketidakpastian hanya keyakinan diri yang bisa melawan segala ketidakpastian, usaha nyata tak kecuali juga. lupakan sejenak dengan ketidakpastian masa depan, ketakutan yang terus-menerus diberikan dari masa depan. waktunya mengoreksi diri dari kesalahan di masa lampau.

Liburan ini terasa sangat menyenangkan, bisa berjumpa kembali dengan keluarga dan sahabat-sahabat seperjuangan. walau sekarang memiliki jalan masing-masing dan perjuangan masing-masing. tetapi kami tetap terikat kuat dan sangat sulit untuk diputuskan. aku akui liburan ini sangat membuatku tidak produktif, sangat pasif, dan bergaya hidup yang tidak sehat. sampai saat ini aku belum merasakan bangun subuh yang segar di kampung halamanku sendiri.mata semakin kepanda-pandaan dan badan lemas. wow suatu pencapaian yang sangat buruk, kebiasaan tidur malamku lah yang membuatku seperti ini, ditambah dengan kasur kamarku yang sangat empuk membuatku sulit untuk pergi darinya, berbeda dengan kondisi di perantauku. seharusnya di sini aku menjadi lebih rajin lagi dengan kegiatan positif,  tapi sangat disayangkan itu hanya niat yang berujung dengan sebutan mitos.

Kegiatanku selama libur ini hanya begitu-begitu saja. pertama kegiatanku yang sangat memakan banyak waktu ialah main domino, hanya bermain biasa, tidak menggunakan uang ( berjudi ). bermain inilah yang sangat memakan waktuku bisa sampai 3-5 jam, aku sering bermain ini dengan sahabat-sahabat SMK-ku dan SD-ku kemarin. mungkin ini terlihat tidak bermanfaat, tetapi ini melatih aritmatika dan daya ingat juga, sangat menyenangkan bermain ini terlebih bermain dengan sahabatmu, penuh tawa, canda, dan kejailan. kegiatanku yang kedua duduk di depan laptop kesayanganku (terkadang berbaring), namanya roger, haha aku baru memberikannya nama. nama yang terlihat cocok sekali dengan laptopku yang seringku bawa kemana-mana, dia laptop yang penuh dengan petualangan. sekarang aku mulai ngawur, mungkin karena kejombloanku dan selalu teringat mantanku. haha ngaco. banyak bisa ku lakukan dengan laptopku, aku bisa belajar, nonton, desain, mendengarkan musik, dll. selain itu aku juga sering nonton sepakbola di stadion kota kelahiranku, biasanya aku pergi bersama dengan sahabat SMP-ku, kami nonton pertandingan antar sekolah seinhil, yang ku tau pertandingan ini disebut LPI (Liga Pelajar Indonesia). sekolahku kalah di delapan besar, aku tidak nonton waktu itu karna hujan, finalpun begitu, aku sedang asik dengan roger yang membuatku malas pergi ke stadion. pertandingan itu dimenangkan SMA 1 Kota Tembilahan, sekolah abang dan adik sepupuku. aku sempat juga bertemu dengan mantan teakhirku, waktu itu aku dinner bersamanya, cukup membuatku tidak percaya, tapi aku senang bisa tetap menjaga silahturahmi, tidak hanya dia, silahturahmi dengan mantan-mantan aku kemarin juga tetap terjaga. tidak ada salahnya menjaga silahturahmi, agamaku juga menganjurkan seperti itu.

Libur ini cukup berkesan bagiku, aku tidak tau semester depan aku bakal pulang atau tidak. rencanaku semester dua nnti ingin aktif dalam organisasi, sudah ada organisasi yang membuatku tertarik untuk bergabung. yaa semoga saja rencana ini tidak berujung dengan sebutan mitos.

